Selasa, 09 Februari 2016

TUGAS KEWIRA USAHA USAHA POTOCOPY DAN ATK (alat tugas kantor)

TUGAS KEWIRA USAHA
USAHA POTOCOPY DAN ATK (alat tugas kantor)
DI SUSUN OLEH :
NAMA    :         LIHYANTI GULO
NIM         :         201322010
PRODIK  :         KOMPUTERISASI AKUNTANSI
MANAJEMEN INFORMASI & KOMPUTERISASI AKUNTANSI
AMIK IMELDA (MEDAN)
2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Taufik dan Hidayah-NYA sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini tanpa mengalami kendala yang berarti. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam mendalami kebijakan publik dalam ilmu pemerintahan.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini jauh dari kata sempurna dan saya sangat sadar apabila masih terdapat banyak kekurangan karena segala keterbatasan saya. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
MedanJanuari  2016

                                                                                                                     Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………………………….. i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………… ii  
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………… iii
A.    LATAR BELAKANG………………………………………………………….  1
1.      VISI ………………………………………………………………………...  1
2.      MISI………………………………………………………………………...  1
B.     PROFIL USAHA ……………………………………………………………....  2
1.      NAMA USAHA ……………………………………………………………  2
2.      NAMA PEMILIK ………………………………………………………….  2
3.      ALAMAT /LOKASI USAHA …………………………………………….   2
BAB II PRODUK ……………………………………………………………………...  3
A.    JENIS PRODUK/MACAM PRODUK………………………………………...  3
B.     ALAT/BAHAN………………………………………………………………… 4
C.     CARA/PROSES PEMBUATAN………………………………………………  4
BAB III PEMASARAN………………………………………………………………..  5
A.    STRATEGI PEMASARAN……………………………………………………  5
B.     ANALISIS SWOT……………………………………………………………..  6
C.     STRUKTUR ORGANISASI………………………………………………….   7
BAB IV PERHITUNGAN KEUNTUNGAN……………………………………….....  8
A.    MODAL……………………………………………………………………….   9
B.     PERHITUNGAN PEMASARANAN………………………………………….  9
BAB V PENUTUP…………………………………………………………………….   10
A.    KESIMPULAN………………………………………………………………… 10
B.     SARAN………………………………………………………………………… 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pelaku usaha dan masyarakat untuk lebih cepat beradaptasi pada perkembangan teknologi tersebut. Hadirnya mesin fotocopy merupakan suatu bagian dari perkembangan teknologi tersebut yang sangat dirasakan manfaatnya. Mesin fotocopy ini sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
Mesin fotocopy adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotocopy zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Biasanya dalam sebuah pekerjaan, mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk memperbanyak data dan dokumen secara singkat dan mudah. Kita dengan mudah memperbanyak gambar dan tulisan, tinggal tekan tombol, tunggu sejenak, semua pekerjaan penggandaan beres.
Sekarang ini, di kota Baturaja sudah banyak usaha yang menyediakan jasa fotocopy namun, setelah kami amati di tempat fotocopy lain masih terdapat beberapa kekurangan. Diantaranya para pegawai kurang profesional, hasil fotocopyan kurang memuaskan, jam kerja terbatas, dan fasilitas lain yang ditawarkan kurang lengkap.
Dari permasalahan-permasalahan di atas muncul obsesi dari kami untuk mendirikan usaha jasa foto copy yang lebih memuaskan pelanggan.
1.      VISI
Menjadi mitra  yang baik dan di percayai oleh konsumen.
2.      MISI
Memberikan layanan dengan kualitas terbaik dan terlengkap di bidang nya.
3.      MOTTO
a.    Ramah dalam pelayanan
b.    Jujur dalam bekerja
c.    Bersih dalam penyajian
d.   Indah dalam penataan
e.    Nyaman  bagi pengunjung
4.      TUJUAN USAHA
a.        Menerapkan konsep wirausaha dalam melakukan usaha bisnis fotocopy.
b.       Usaha jasa fotocopy yang kami buat dapat diterima oleh konsumen khususnya dari orang-orang sekitar yaitu pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
c.        Menambah pengalaman dalam membuat rencana bisnis, proses pembuatan, cara memasarkan, dan pengelolaan keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan.
d.       Terciptanya usaha yang mendatangkan keuntungan bagi mahasiswa, dan juga memberi peluang / kesempatan kerja bagi masyarakat luas serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang dunia usaha.
5.       MANFAAT
Usaha jasa fotocopy kami ini bermanfaat untuk:
a.         Meringankan dan memperingkas pekerjaan para pelajar, mahasiswa, para pekerja, dan masyaraka tsekitar dalam memperbanyak dokumen atau berkas.
b.         Menyediakan berbagai macam ATK yang digunakan parapenggun aalat tulis.
c.         Memenuhi kebutuhan dan permintaan para konsumen.
A.    PROFIL USAHA
1.      NAMA USAHA
Nama usaha yang akan di lakukan oleh pemilik adalah Usaha POTOCOPY DAN ATK (alat tulis kantor).
USAHA POTOCOPY DAN ATK (alat tugas kantor) LIHYANTI
Menerima
Photocopy berbagai macam KTP, IJAJAH, DLL dan menyediahkan berbagai macam ATK (alat tulis kantor).
                                    Alamat            : Jalan Sisarahili Kec Mandrehe
                                    e_mail             : Ranlyn.zarg@yahoo.com
                                    NO HP            : 081231806015
 

2.      NAMA PEMILIK
Nama pemilik usaha adalah LIHYANTI GULO
3.      ALAMAT USAHA/LOKASI USAHA
Prospek usaha fotocopy sangat menjanjikan dan pasar akan terus berkembang. Usaha foto copy di operasikan di Jalan Mandrehe Kelurahan Sisarahili Kec Mandrehe Barat.
Berdasarkan tempat yang telah ditentukan oleh pemilik, pengelola melakukan penataan usaha yang menjadi prioritas utama atas dasar penyesuaian situasi dan kondisi yang nyata.
BAB II
PRODUK
A.     JENIS PRODUK DAN MACAM PRODUK
            Mesin fotocopy sebuah mesin elektronik yang sangat berguna dan dirasakan benar manfaatnya terutama bagi mereka para pekerja kantoran maupun para pelajar yang kerap kali melakukan proses penggandan atau perbanyakan kertas dokumen. Hasil perbanyakan kertas dokumen tersebut tentunya diharapkan memiliki kualitas yang sangat baik yaitu dengan memiliki ketajaman tulisan sempurna sehingga dapat tetap terbaca dengan jelas. Untuk hasil fotocopy yang sempurna maka dari itu mesin fotocopy yang digunakan haruslah memiliki kinerja yang sangat baik dan optimal. Banyak jenis mesin fotocopy dari berbagai produsen mesin fotocopy yang beredar saat ini menggunggulkan bahwa produknya tersebut dapat berdaya kerja optimal dalam proses perbanyakan dan penggandaan kertas dokumen. Akan tetapi yang sudah jelas terjamin memiliki kualitas sempurna untuk proses penggandaan kertas dokumen tersebut adalah dengan menggunakan mesin fotocopy canon.
Jenis mesin fotocopy canon memang merupakan produk mesin fotocopy unggulan dengan beberapa jenis/tipe mesin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis produk mesin fotocopy brand canon tersebut, berikut ini penjelasan singkatnya :
1.       Canon IR 5070/5075
Mesin fotocopy dari canon ini adalah produk mesin fotocopy terbaru yang telah dikeluarkan pabrikan mesin fotocopy tersebut. Jenis mesin fotocopy ini dapat menghasilkan proses perbanyakan dokumen kertas sebanyak 75 lembar per menitnya. Mesin fotocopy inipun sudah memiliki kemampuan untuk memfotocopy bolak balik dengan otomatis. Maksimal ukuran kertas untuk jenis mesin foto copy ini adalah ukuran A3.
2.  Canon IR 6070
Jenis mesin fotocopy produksi canon ini selain dapat digunakan untuk memfotocopy juga dapat digunakan untuk proses print dan juga scan. Canon IR6070 telah dipersenjatai kecepatan 66 ppm dengan besar daya 1.92 kW.

3. Canon IR ADVANCE C2030H
Jenis mesin fotocopy ini adalah jenis mesin fotocopy berwarna dengan penawaran harga jual yang terbilang cukup mahal tapi anda akan mendapatkan harga terbaik jika anda belanja di www.samafitro.co.id karena samafitro khusus menjual mesin fotocopy.
B. ALAT/BAHAN
1.      Penyediaan Sarana dan Prasarana
a.       Penyediaan mesin fotocopy.
Kertas dengan berbagai ukuran dan ketebalan.
b.       Penyediaan tinta mesin fotocopy.
c.         Penyediaan mesin laminating
d.       Penyediaan alat pemotong kertas
e.        Penyediaan etalase.
f.        Penyediaan meja.
g.       Penyediaan alat-alat untuk menjilid berupa:
·         @ Staples besar
·         @ Staples kecil
·         @ Cutter
·         @ Mistar
·         @ Lakban
h.      Sarana dan prasarana penunjang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
C.      CARA PROSES PEMBUATAN  
1.           MESIN FOTOCOPY
Cara Pengoperasian Mesin Foto Copy
1.    Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON
2.    Letakkan kertas pada kaca tempat foto copy dengan bagian tepi atas menempel pada garis skala pada posisi yang tepat di tengah
3.    Dengan menekan tombol pengatur hasil copy.
4.    Tekan tombol jumlah hasil penggandaan yang dikehendaki
5.    Tekan tombol cetak (start)
6.    jika sudah selesai tekan tombol OFF
Step kerja mesin fotokopi
1.    Pengisian: silinder drum elektrostatis dibebankan oleh kawat tegangan tinggidisebut korona kawat atau roller biaya. Drum memiliki lapisan dari bahanfotokonduktif. fotokonduktor adalah semikonduktor yang menjadi konduktif bilaterkena cahaya.
2.    Exposure: Sebuah lampu cerah menerangi dokumen asli, dan area putih daridokumen asli mencerminkan cahaya ke permukaan drum fotokonduktif. Bidangdrum yang terkena cahaya menjadi debit konduktif dan karena itu ke tanah. Daerahdari drum tidak terkena cahaya (daerah-daerah yang sesuai dengan bagian hitamdari dokumen asli) tetap bermuatan negatif. Hasilnya adalah gambar laten listrikpada permukaan drum.
3.    Mengembangkan: Toner bermuatan positif. Ketika diterapkan ke drum untukmengembangkan image, maka tertarik dan menempel pada daerah yangbermuatan negatif (daerah hitam), seperti kertas menempel pada balon mainandengan muatan statis.
4.    ransfer: Gambar toner yang dihasilkan pada permukaan drum akan ditransferdari drum ke sehelai kertas dengan muatan negatif lebih tinggi dari drum.
5.    Sekering: Toner dilebur dan terikat ke kertas dengan rol panas dan tekanan.
Contoh ini adalah sebuah bermuatan negatif drum dan kertas, dan toner bermuatanpositif seperti yang umum di mesin fotokopi digital saat ini. Beberapa mesinfotokopi, mesin fotokopi analog kebanyakan yang lebih tua, mempekerjakanbermuatan positif drum dan kertas, dan toner bermuatan negatif

2.    MESIN PENGHANCUR KERTAS

Mesin Penghancur Dokumen (Paper Shredder) secara garis besar dapat dibedakan menurut JENIS POTONGAN dan KAPASITAS MESIN. Jenis potongan pada mesin yang kemi sediakan adalah: STRIP CUT (lurus), CROSS CUT (potongan kecil), DIAMOND CUT. Menurut kapasitas mesin, kami mempunyai kelas mesin kecil, menengah, besar. Kapasitas KECIL adalah mesin yang dapat menghancurkan 5-7 lembar/entry. Kapasitas MENENGAH adalah mesin yang dapat menghancurkan 10-20 lembar/entry. Kapasitas BESAR adalah mesin yang dapat menghancurkan 30-40 lembar/entry. Semua mesin kami merupakan mesin dengan pilihan kualitas dan kekuatan mesin yang terbaik serta unggul di kelasnya, memiliki teknologi dari JERMAN dan JEPANG (beberapa model masih diproduksi di Jepang dan Jerman). Selain itu, mesin kami juga memiliki bentuk dengan DESAIN MODEL TERKINI, sehingga dapat menambah keindahan ruangan kerja anda. Dalam kondisi purna jual, semua mesin BERGARANSI serta terjamin ketersediaan suku cadangnya. Silahkan memilih pada halaman-halaman di bawah ini untuk mesin yang sesuai dengan kebutuhan And Mesin Penghancur Dokumen (Shredder)
Dilihat dari bentuk dokumen yang dihancurkan penghancur dokumen dibedakan menjadi dua macam yaitu:
1.    Penghancur kertas (Paper shredder), digunakan untuk menghancurkan dokumen  berupa kertas, seperti surat, arsip, laporan dan lain-lain.
2.    Penghancur microfilm (Microfilm shredder), digunakan untuk menghancurkan dokumen dalam bentuk microfilm.
Penghancur kertas sangat berguna bagi instansi, kantor pemerintah maupun swasta. Sebagai alat pemusnah dokument rahasia yang ramah lingkungan arti kata tidak ribet dan dokument tidak perlu di bakar sehingga akan menimbulkan polusi udara lingkungan sekitarnya, dokument atau kertas-kertas penting yang sudah kadaluwarsa dan tidak lagi di pakai, sehingga untuk lebih aman dan terjamin dokument-dokument tersebut dapat dihancurkan dengan memakai mesin penghancur kertas. Model dan ukurannya kecil standar C-22S produksi offistar, bisa dipindah-pindah dari ruangan satu ke ruangan lain sesuai keinginan.
Untuk mempermudah proses penghancuran.
Cara kerja mesin penghancur kertas ini, mengharuskan kita untuk memiliki kesabaran, hati-hati dan telaten, karena apabila akan memasukkan kertas harus selembar demi selembar, kalau memasukkankan 2 lembar apa lagi lebih, maka otomatis mesin penghancur ini akan tiba – tiba berhenti sendiri. Sehingga kertas yang masih dalam process penghancuran terjepit di tengah-tengah. kalau sudah begitu mesin ini aliran listriknya harus di matikan, dan secara manual kertas yang terjepit tadi harus kita keluarkan, baru kemudian bisa melanjutkannya lagi. mesin penghancur ini sangat berguna di kantor, walaupun kecil dan sering ngadat, itu karena tidak sabar dalam pengerjaan.
Cara kerja mesin pemotong kertas
  • Kertas yang diletakkan di papan kertas dengan bagian yang akan dipotong diletakkan tepat pada alat pemotong.
  • Dengan menekan pisau potong yang berada di atas kertas secukupnya maka kertas akan terpotong tepat pada garis pertemusn mata pisau dan alat pemotong.
Cara pemeliharaan pemotong kertas
  • Seluruh permukaan tiap bagian mesin selalu dibersihkan dengan kain halus supaya tidak kotor dan berkarat, disimpan ditempat kering.
  • Bagian per pada ujung pisau sesekali diberi pelumas
  • Pisau yang tumpul diasah seperti mengasah gunting
  • Jangan sampai memotong kertas yang ada bendelan berupa kawat jepret.
  1. FAX
Mesin fax memang keberadaannya mulai ditinggalkan, tetapi bukan berarti ketinggalan jaman. Karena mesin fax masih memiliki fungsi yang lumayan fital. Mesin fax bisa digunakan jika kita tidak sempat mengirim surat menggunakan email. Dengan mesin fax proses pengirim akan lebih cepat, apalagi jika surat yang dikirim membutuhkan tanda tangan, mesin fax adalah solusi yang cukup jitu untuk menjadi pilihan. Terlebih jika tidak punya scanner, pilihan mesin fax adalah yang terakhir. Mengoperasikan mesin fax sebenarnya cukup mudah. Mungkin terlihat sulit karena kita jarang menggunakannya.
berikut beberapa cara yang bisa menjadi acuan kita dalam mengoperasikan mesin fax.
langkah 1
Membuat surat pengantar untuk memastikan untuk siapa dan kemana dokument ini akan dikirim dan apakah nomor yang dituju benar atau salah. Masukkan surat pengantar terlebih dahulu sebelum dokumen Anda ke dalam mesin fax feeder yang menghadap ke arah mesin.
langkah 2
Masukkan nomor faks ke dalam mesin. Akan ada tombol angka seperti telepon pada mesin fax. Hati-hati ketik nomor sehingga Anda tidak membuat kesalahan, karena sulit untuk mengetahui bila Anda telah menghubungi nomor faks yang salah.
langkah 3
Tekan tombol kirim jika Anda telah benar memasukkan semua angka ke dalam mesin. Ini akan memulai pengiriman dokumen. Tombol kirim biasanya lebih besar dari yang tombol yang lain dan mudah untuk dicari
Demikian apa yang sobatpc.com bisa sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih
BAB III
PEMASARAN
A.STRATEGI PEMASARAN
1.      PENAWARAN
a.    Perkembangan penawaran saat ini
b.   Perkembangan penawaran disektor usaha foto copy pada saat ini memang umum di lingkungan kampus. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha foto copy menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
c.    Prospek penawaran di masa yang akan datang
d.   Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif (dilihat dari kualitas kertas dan hasil copy dan harga dalam hal ini tidak terlalu diperhitungkan dikarenakan para pesaing juga melakukan banting harga) maka karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
2.      PROGRAM PEMASARAN
1.    Tingkat pelayanan
Dalam usaha ini kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan langsung, pemesanan dan tepat waktu pekerjaan.
2.    Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relatif sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
3.    Promosi
Promosi merupakan objek vital dalam bidang pemasaran, karena dalam promosi produk itu sendiri bisa dikenalkan kepada konsumen. Tetapi dalam hal pemasaran fotocopy tidak memerlukan promosi berlebihan karena langsung berhubungan dengan konsumen dan mesin fotocopy.
3.      STRATEGI PEMASARAN
1.      Pemasaran Produk
2.      Beberapa cara memasaran produk saya adalah dengan :
a.       Melakukan promosi via people ( teman, saudara dan  masyarakat).
b.      Melakukan promosi via elektronik ( handphone, jejaring sosial di internet seperti BBM, facebook, twitter, dan lain-lain)
c.       Melakukan promosi dengan menggunakan brosur atau flayer-flayer.
3.      Tingkat Pelayanan
Dalam usaha ini, kami memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 14 jam, pegawai yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjan.
4.      Penetapan Harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relatif sehingga dapat menjalankan usaha secara continue untuk meningkatkan pangsa pasar.
Harga Fotocopy per lembar :
·         Harga kertas per lembarnya
1 rim = Rp. 35.000,-
1 rim = 500 lembar
= Rp 35.000,- / 500 = Rp. 70 per lembar
·         Toner = Rp. 150.000,-
1 toner = 10.000 lembar
= Rp. 150.000,- / 10.000 = Rp. 15
·         Listrik = Rp. 500.000,-
Listrik per bulan = 75.000 lembar
= Rp. 500.000,- / 75.000 = Rp. 7
·         Tenaga kerja = Rp. 2.600.000
= Rp. 2.600.000,- / 75.000 = Rp. 35
·         Penyusutan = Rp. 764.042,-
= Rp. 764.042,- / 75.000 = Rp. 10
Total Biaya Per lembar = Rp. 70+ Rp. 15+ Rp. 7+ Rp. 35+ Rp. 10
= Rp. 137 = Rp. 150 per lembar.
Diperoleh berdasarkan perhitungan yang seperti di atas.
Harga ATK menyesuaikan dengan harga pasar.
1.      Rencana Promosi untuk Masing-masing Produk dan Jasa
Promosi yang akan kami gunakan untuk kelangsungan perkembangan usaha kami yaitu selain melakukan promosi dari mulut ke mulut tapi juga promosi dengan penyebaran brosur, poster, flyer yang akan disebarkan di kawasan yang menjadi sasaran kami, selain itu kami akan melakukan kerjasama dengan institusi dan sekolah-sekolah sekitar dan ikut menjadi sponsor dalam suatu acara-acara.
1.      Kemasan
·         Produk akan ditampilkan dan ditata dengan rapi sehingga pelanggan akan tertarik dan merasa nyaman dengan tempat usaha.
·         Dampak lingkungan yang ditumbulkan yaitu limbah sampah kertas yang dapat di daur ulang.
·         Usaha ini sangat bermanfaat untuk membantu kebutuhan Pelajar,pegawai dan masyarakat terhadap jasa usaha fotocopy dan ATK
·         Peraturan pemerintah:
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan , merek dan logo Usaha ini akan di usulkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
3.      Proses Penjualan dan Srategi
1.      Produk/Jasa
Produk yang akan kami tawarkan adalah segala jenis alat tulis kantor yang terlengkap di daerah tersebut disamping itu kami juga menawarkan jasa fotocopy, print (hitam-putih dan berwarna) dengan hasil copy dan print yang bagus.
1.      Harga
Kami akan menyesuaikan dengan harga pasar, hanya saja untuk fotocopy dan print kami akan memberikan diskon pada even-event tertentu kepada organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan kami.
B. ANALISIS SWOT
1.    KELAYAKAN DENGAN ANALISIS SWOT
Bisnis fotocopy sekarang ini jika kita melihat pangsa pasar yang setiap harinya sangat membutuhkan mesin fotocopy atau jasa fotocopy. Dalam bisnis ini sudah layak dilakukan sebab sistem internal yang dimiliki seperti: lokasi, modal, SDM, dan sarana dan prasarana sudah bisa tercukupi secare efektif dan efisien. Jika melihat sisi eksternal bisnis ini juga layak dilakukan karena pangsa pasar yang jelas dan lokasi yang cukup strategis. Penentuan ketentuan yang diperoleh untuk mencapai BEP antara total pengeluaran dan total pendapatan sangat cepat dicapai. Untuk pengambilan keputusan mengenai kelayakan bisnis perlu mengambil analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan threats), adapun analisisnya adalah sebagai berikut:
a.      Strength (Kekuatan)
ü  Sumber daya manusia yang unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
ü   Memiliki modal yang cukup.
ü   Kemampuan dalam tataran konsep dan praktek.
ü   Hasil fotocopy yang bagus karena mesin baru dan terawat.
ü  Kemampuan melakukan pengembangan usaha karena dari unit usaha ini akan mampu menyediakan kebutuhan dan keinginan yang lain.
ü  Memiliki relasi bisnis fotocopy yang banyak.
b.      Weakness (Kelemahan)
ü  Pengelola masih berstatus mahasiswa, memungkinkan fungsi kontrol yang kurang baik.
ü  Jam kerja harus menyesuaikan dengan waktu perkuliahan.
ü  Sulitnya koordinasi antara pemilik usaha dengan pengelola usaha.
c.       Opportunity (Peluang)
ü  Kecenderungan mahasiswa memfotocopy materi kuliah daripada membeli buku.
ü  Dekat dengan pangsa pasar dan aktivitas administrasi.
ü  Mampu mengerjakan pekerjaan dalam partai besar karena pengelola memiliki akses yang banyak.
d.      hreats (Tantangan)
ü  Mengalami kesulitan dalam perkembangan usaha, karena usaha baru berada pada fase perintis.
ü  Tingginya biaya operasional ketika usaha baru mulai berdiri.
ü  Belum memahami karakter konsumen.

C.   STRUKTUR ORGANISASI
1.     Struktur organisasi usaha photocopy dan ATK (alat tulis kantor
MANAJEMEN KEUANGAN
RICKY ADITYA HIA
MANAJEMEN PEMASARAN
YATAN SISMANE
MANAJEMEN OPERASIONAL
YAMLIN SIMSAN
MANAJEMEN SDM
SAKHISMAN KRIS

 

BAB IV
PERHITUNGAN KEUNTUNGAN
A.   MODAL
Rencana Manajemen Keuangan peralatan
a.       Mesin Fotocopy                                                          = Rp 25.000.000,-
b.      Kertas (F4, A4, & Q)  100 Rim X Rp 29.000,-          = Rp    2.900.000,-
c.       Tinta mesin fotocopy 3kg X Rp 125.000,-                 = Rp       375.000,-
d.      Etalase                                                                         = Rp   1.500.000,-
e.       Meja dan Kursi                                                           = Rp       300.000,-
f.       Alat pemotong kertas                                                  =Rp.       300.000,-
g.      Mesin Laminating                                                       = Rp.   1.000.000,-
h.      Alat-alat untuk menjilid
·         Staples besar                                                         = Rp      300.000,-
·          Steples sedang                                                      = Rp.     200.000,-
·         Steples kecil                                                          = Rp        27.000,-
·         Staples paling kecil 2 X @Rp 10.000,-                 = Rp       20,000,-
·         Cutter 2 X @ Rp 10.000,-                                                = Rp       20.000,-
·         Mistar besi 2 X @Rp 5.000,-                                = Rp       10.000,-
·          Sarana dan prasarana penunjang lainnya              = Rp  2.500.000,-
i.        Modal kerja                                                                 = Rp  1.000.000,-
j.        Jumlah keseluruhan                                                     = Rp 35.452.000,-
Modal usaha :
Ø 50 % uang pribadi,
Ø 50% dari koperasi
B.   PERHITUNGAN PEMASARAN
1.      Perkiraan Break Event Point (BEP)
Perkiraan dihitung melalui rata-rata penghasilan bersih perbulan:
Pendapatan Rata-rata:
Pendapatan selama sebulan154 X 500 X 100                   = Rp 7.700.000,-
Biaya yang dikeluarkan selama satu bulan:
Tinta          : 154 rim X 4600/kg                                        = Rp    708.400,-
Kertas        : 154 rim X Rp 22.500,-                                  = Rp   3.465.000,-
Listrik        : Selama 1 bulan                                              = Rp    270.000,-
Tenaga Kerja                                                                     = Rp    500.000,-
Total pengeluaran                                                              = (Rp 4.943.400,-)
Laba bersih                                                                        =  Rp 2.756.600,-
BEP = Harga mesin fotocopy (canon 6650 Rp 16.000.000,-)
                              Laba bersih
BEP = Rp 16.000.000,-   = 5,80 Rp 2.756.600,-
Jadi BEP dapat dilakukan pada 6 bulan bisnis berjalan dengan operasi mesin sebanyak 154 rim/bulan.
BAB V
PENUTUP
A.       Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dan meminimalisasi biaya.
B.       Saran
Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik.dan menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen yang tepat.juga menentukan dalam harga pasar.

1 komentar: